10,000 Totally Free Cursors at CursorNation.com - No Download Necessary!
Dream alniFKD12: KTI

Rabu, 14 Mei 2014

KTI



Mewujudkan Demokrasi yang Sehat Melalui Kampanye yang Sehat

Bab I
A.    Latar Belakang
Keadaan politik Indonesia setelah reformasi tidak sama dengan zaman Orde Baru. Dalam produksi tanda gambar atau spanduk kampanye sekarang tentu lebih canggih. Partai (semiskin apapun) pasti mampu mencetak baliho dan baner sebagai alat peraga pemilu untuk mengampanyekan partai masing-masing. Di setiap tahun pemilihan, pasti berbagai atribut kampanye dari berbagai partai mulai bermunculan.
Tahun 2014 ini merupakan tahun pemilu. Banyak partai politik yang menarik perhatian masyarakat dengan berbagai kampanye. Mulai dari pemasangan atribut partai dijalan-jalan umun dan juga konvoi. Namun faktanya dengan kampanye yang kurang sehat menyebabkan terganggunya masyarakat, masyarakat merasa terganggu dan tidak nyaman.

Kampanye yang kurang sehat ini menyebabkan banyak dampak negative bagi lingkungan masyarakat, maka dari itu, sebaiknya cara berkampanye di Indonesia ini harus ada perubahan yang lebih bermanfaat dan mementingkan  masyarakat. Karena jika kita berkapanye dengan sehat,  tidak akan merugikan siapapun dan masyarakat sekitar juga akan merasakan ketenangan dan kenyamanan.
Cara mengubah kampanye yang sehat ini berawal dari diri kita sendiri, seharusnya kita tidak usah mengikuti kampanye yang menyebabkan masyarakat lain terganggu. Walaupun hanya dengan kampanye yang berorasi tetapi mereka tetap mengganggu masyarakat, karena partai politik sekarang sering menjatuhkan yang lain juga membagi uang kepada masyarakat, itu tetap mengganggu kenyamanan masyarakat apalagi dengan adanya kampanye yang menggunakan motor keliling kota yang menyebabkan keributan, dan menggu ketenangan masyarkat.
Sudah bertahun-tahun masyarakat merasakan kampanye yang mengganggu ini. Bahkan tahun ini, salah satu partai menimbulkan korban dan meninggal di pinggirjalan. Pelaku semua ini, juga berasal dari peserta kampanye yang saling berselisih.
B.     Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang diatas dapat dirumuskan permasalahan sebagai berikut:
1.      Bagaimana cara berkampanye yang benar?
2.      Apa saja yang dapat membantu masyarakat agar tidak terganggu saat berkampanye?
C.    Tujuan
Sesuai permasalahan diatas, tujuan yang dicapai dalam penelitian ini sebagai berikut :
1.      Memberi alternatif dalam berkampanye untuk para partai politk di masyarakat.
2.      Memberi masyarakat solusi dalam memilih partai politik.
D.    Manfaat Penelitian
Penelitian ini memiliki manfaat sebagau berikut :
1.      Agar para partai politik lebih cerdas dalam memilih cara berkampanye yang ramah dengan masyarakat.
2.      Agar  mendapat perhatian masyarakat dengan pandangan yang baik.
3.      Damapat mengetahui dampak dari berkampanye yang kurang sehat.














Bab II

A.    Pengertian Kampanye
            Dalam KBBI,pengertian kampanye adalah  mengadakan kegiatan untuk memperkenalkan seseorang atau sesuatu di masyarakat.
 Istilah memperkenalkan ini, menggambarkan bahwa kedamaian menyertai didalamnya. Memperkenalkan, berarti menunjukan sesuatu yang baik dari seseorang atau sesuatu agar masyarakat tertarik dan tidak merasa terganggu dengan kehadiran yang berkampanye
Dalam politik, kampanye bertujuan agar masyarakat mengetahui profil partai politik yang sedang berkampanye. Jika masyarakat mengetahui visi dan misi dari partai tersebut dan tertarik, maka akan memilih partai tersebut sebagai pemimpin yang akan memimpin bangsa di Negara tertentu, khususnya Indonesia.
Cara dalam berkampanye pun dari setiap partai di berbagai Negara berbeda. Di Indonesia khususnya, kampanye mulai dari baner di pinggir jalan umum, poster yang di tempel di sarana umum, dan banyak lagi yang bisa kita temukan di tampat umum. Jika kampanye terbuka, para partai akan mulai memberikan partisipasinya secara langsung pada masyarakat, baik dengan cara pidato maupun tindakan langsung pada masyarakat.
Ditahun politk 2013-2014, merupakan tahun dimana adanya pesta demokrasi rakyat yaitu pemilu 2014 di Indonesia . Berbagai kampanye dilakukan oleh partai politik, mulai dari kampanye tertutup maupun terbuka. Keadaan semakin marak ketika kampanye terbuka dimulai. Berbagai media masa sudah mulai memuat kampanye-kampanye dari berbagai partai politik di berbagai daerah. Namun, semakin lama, muncul berbagai kampanye hitam.
Berbagai kritikan muncul di media masa, baik kritik yang mengangkat maupun yang menjatuhkan dari berbagai pihak. Seharusnya memang media masa tidak ikut andil dalam kampanye hitam yang akan menjatuhkan para calon legislative yang ingin maju. Karena, ketika media masa ikut campur didalamnya, maka masyarakat akan lebih mengikut media masa karena lebih menarik perhatian.
Sebaiknya media masa lebih menampilkan berita yang tidah berpihak, dan lebih mencerdaskan bagi penonton maupun pendengarnya. Sehingga masyarakat dapat memilih dengan bijaksana.
Dalam hal kampanye, Indonesia sangat mudah terpengaruh, terlebih jika hal itu akan menguntungkan dirinya. Parpol sekarang ini, banyak yang melakukan money politic di masyarakat untuk mendapatkan dukungan dan sudah banyak terbukti dari pengakuan sebagian masyarakat yang di suap oleh beberapa parpol. Dalam kampanye terbuka, masyarakat banyak memanfaatkan kondisi ini agar memperoleh keuntungan dengan mengikuti konvoi dijalan umum. Setiap orang yang brsedia mengikuti konvoi, akan diberi uang. Jika semakin banyak masa yang mengikuti konvoi tersebut, maka perhatian yang di dapat dari masyarakat juga semakin besar. Sehingga partai politik itu dipastikan akan naik ratingnya.
Seharusnya dengan kondisi seperti ini, masyarakat dapat menilai manakah partai yang jujur, adil dan dapat menaikkan kemajuan bangsa Indonesia. Dan menjadi masyarakat yang bijaksana dalam menentukan masa depan bangsanya dengan melaporkan tindakan money politic ini ke pihak yang berwajib mengurusi hal-hal seperti ini, karena merupakan bentuk kecurangan dibidang politik.
Untuk para partai politik, seharusnya memilih cara yang efektif dan berguna di masyarakat dalam melakukan kampanye. Misalnya dengan cara membersihkan lingkungan ataupun pembukaan klinik gratis bagi para warganya, disertai nama partainya. Sehingga masyarakat tidak terganggu dan membuat lingkungan semakin maju, dan secara tidak langsung akan mengangkat rating nama partainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar